Belajar Kebijaksanaan Hidup dari Investasi – Keajaiban Pertumbuhan dan Perubahan

wisdom

Jika kita pernah sukses di pekerjaan dan kehidupan kita saat ini, dan kita sekarang sedang berniat untuk mempelajari dan menjalankan investasi saham, maka kita bisa mengaplikasikan prinsip-prinsip kesuksesan yang pernah kita raih sebelumnya itu ke dalam strategi dan keputusan investasi kita. Dan sebaliknya, jika sekarang kita adalah seorang investor yang sukses menurut ukuran kita sendiri, maka kita pun bisa mengaplikasikan prinsip-prinsip kesuksesan yang kita capai dalam investasi itu ke dalam kehidupan kita yang lain.

Prinsip-prinsip kesuksesan itu sepertinya universal. Kita bisa mengekstrak dari sesuatu yang sudah ada dan sudah terjadi, dan kemudian mengaplikasikannya ke dalam hal yang lain.

Tulisan ini akan membahas prinsip utama dalam investasi saham, yaitu keajaiban pertumbuhan. Dan kemudian memberikan contoh dalam bidang kehidupan lain yang benar-benar menggambarkan prinsip keajaiban pertumbuhan tersebut.

Catatan: dalam tulisan ini akan sering dijumpai kata pertumbuhan dan perubahan yang dipakai bergantian, namun makna yang dimaksud tetap sama. 

Sekit Demi Sedikit Lama-lama Jadi Bukit

Jika kita sekarang punya uang 1 juta rupiah. Kemudian uang tersebut kita investasikan ke beberapa saham di Indonesia. Atau bisa juga diinvestasikan ke dalam reksadana saham. Misalkan investasi tersebut memberikan return sebesar rata-rata kinerja saham indonesia (IHSG) yang sebesar 18% per tahun, maka dalam waktu 50 tahun nilai investasi tersebut menjadi 3,9 milyar rupiah. Dan jika kita beruntung bisa mendapatkan return investasi yang lebih besar lagi misalnya 30% per tahun, maka 50 tahun ke depan nilai investasi kita menjadi sekitar 500 milyar rupiah.

Tahun ke-n : ModalAwal x (1+return)tahun
Tahun ke-n : 1juta x (1+30%)n
 
Tahun ke 0 : 1juta [ModalAwal]
Tahun ke 1 : 1juta x (1+30%)1= 1,3juta
Tahun ke 10: 1juta x (1+30%)10= 14juta
Tahun ke 25: 1juta x (1+30%)25= 700juta
Tahun ke 50: 1juta x (1+30%)50= 500milyar

Wow, dari hanya 1 juta rupiah bisa menjadi 500 milyar rupiah? Benar. Dan inilah keajaiban pertumbuhan dalam investasi. Pertumbuhan majemuk, atau penggandaan, yang dalam bahasa Inggris disebut compounding growth, dan dalam dunia keuangan (investasi) sering dipakai untuk menyebutkan CAGR (compound annual growth rate).

Pertumbuhan itu sendiri mungkin terasa kecil. Namun jangan sepelekan angka yang kecil itu, karena dalam jangka panjang bisa menjadikan nilai awal menjadi raksasa yang sangat besar. Jadi kuncinya adalah pertumbuhan dan jangka panjang. Saya sangat suka dengan peribahasa yang sangat cocok dengan hal ini, yaitu sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Mari kita lihat contoh dampak yang sangat ektrem dari perubahan yang sangat kecil namun terjadi dalam jangka yang sangat panjang, tentang mutasi (perubahan) gen yang terjadi pada manusia. Juga kita lihat contoh yang lebih membumi, yaitu bagaimana membangun kharakter yang dilakukan sedikit demi sedikit.

Keajaiban dalam Perubahan (Mutasi)  Gen Manusia

Laju mutasi gen manusia sekitar 2.5×10−8 per base per generation, jika rata-rata satu generasi manusia adalah 30 tahun, maka laju mutasi gen manusia adalah 8.3×10−10 per tahun. Angka laju mutasi yang sangat kecil sekali.

Berdasarkan hasil riset tentang gen manusia, bahwa gen manusia mempunyai 96% sampai 98% persamaan dengan gen simpanse. Berdasarkan hasil riset tersebut, misalkan kita mengambil rata-rata perbedaan gen manusia dan gen simpanse adalah 3%. Jika ditarik waktu mundur ke belakang, berapa tahun yang lalu kah garis nenek moyang manusia bertemu dengan garis nenek moyang simpanse?

Kecepatan (Laju) mutasi: 8.3×10−10 per tahun
Jarak (Perbedaan): 3%

Waktu
= jarak / kecepatan
= (3%) / (8.3×10−10) per tahun
= 3.6 ×107 tahun
= 36 juta tahun

Catatan: ini hanyalah perhitungan yang sangat disederhanakan, karena besarnya kecepatan mutasi gen manusia dan simpanse bisa jadi tidak sama, dan demikian juga dengan arah kecepatannya. Juga tujuan tulisan ini hanya deskriptif semata, dan tidak berkaitan sama sekali dengan kepercayaan terhadap sesuatu.

Interpretasi dari hitungan ini adalah bahwa pada 36 juta tahun yang lalu, nenek moyang manusia adalah nenek moyang simpanse juga. Namun jangan diartikan bahwa manusia berasal dari simpanse ataupun simpanse berasal dari manusia. Selama rentang waktu 36 juta tahun, perubahan genetika (mutasi gen) yang sangat-sangat kecil, dampaknya sangat besar sekali, sebesar perbedaan antara manusia dan simpanse sekarang ini. Itulah keajaiban pertumbuhan/perubahan/compounding/pemajemukan/penggandaan.

Dengan umur bumi yang 4,5 milyar tahun ini, maka waktu 36 juta tahun itu seakan-akan tidak ada artinya.

Keajaiban Pertumbuhan dalam Membangun Kharakter

Di atas telah kita lihat betapa besarnya dampak dari perubahan yang sangat kecil sekalipun jika itu terjadi dalam jangka waktu yang sangat panjang. Sekarang, mari kita lihat pada kehidupan kita sehari-hari.

Mungkin kita suka iri kepada orang-orang yang hidupnya tampak sukses di mata kita, misalnya orang-orang terkaya di Indonesia. Atau mungkin para selebriti dan tokoh masyarakat. Atau bahkan mungkin juga orang-orang sukses yang ada di sekitar kita yang kita sangat mengenalnya. Tentu saja ya, ukuran sukses ini bisa sangat bermacam-macam, tergantung perspektif mana yang akan kita nilai.

Dalam rasa iri itu, mungkin terbersit pikiran “alangkah beruntungnya mereka, telah dianugerahi dengan kemampuan yang besar dan karakter yang sangat bagus sehingga menjadikan mereka sukses”. Banyak penelitian menyebutkan bahwa faktor paling utama (dan paling penting) yang menentukan kesuksesan orang adalah kharakter. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada orang-orang tertentu yang sepertinya dilahirkan dengan kharakter yang hebat. Namun jangan salah, bahwa karakter itu bisa dipelajari dan dibiasakan. Jadi, buat kita yang merasa dilahirkan dengan kharakter yang biasa-biasa saja, jangan berkecil hati, kita pasti bisa!

Stephen R. Covey, dalam bukunya yang sangat terkenal “The 7 Habits of Highly Effective People”, menyebutkan 7 bebiasaan manusia yang sangat efektif: Menjadi proaktif, Envision (membuat dan membayangkan) tujuan yang jelas, Mendahulukan yang paling utama, Berpikir win-win solution, Mengerti orang lain sebelum minta dimengerti, Bersinergi, dan Selalu memperbaiki dan meningkatkan diri.

Misalkan kita bertekad untuk menguasai ketujuh kebiasaan tersebut, dan kita menargetkan bahwa tiap satu kebiasaan yang sangat bagus tersebut meningkatkan kualitas hidup kita sebesar 20%. Sebuah kebiasaan tidak bisa dibangun secara instan, butuh waktu yang panjang. Dan misalkan kita membuat program bahwa tiap tahun ada satu kebiasaan tersebut yang akan dipelajari, dibiasakan, dan berhasil dikuasai sehingga menjadi kharakter.

Sehingga selama 7 tahun program tersebut, maka kualitas diri kita akan meningkat 20% setiap tahunnya. Sehingga di akhir tahun ke-7 kualitas kita akan meningkat menjadi 3,6x dari sekarang.

Tahun ke 1 :  1   x (1+20%) = 1,2x
Tahun ke 2 :  1,2 x (1+20%) = 1,4x
Tahun ke 3 :  1,4 x (1+20%) = 1,7x
Tahun ke 4 :  1,7 x (1+20%) = 2,1x
Tahun ke 5 :  2,1 x (1+20%) = 2,5x
Tahun ke 6 :  2,5 x (1+20%) = 3,0x
Tahun ke 7 :  3,0 x (1+20%) = 3,6x

Introspeksi dan Refleksi

Sebuah peningkatan kualitas diri yang sangat besar. Bayangkanlah dua orang sahabat SMA yang sama-sama pintar dan berkharakter yang sama bagusnya. Setelah lulus SMA, keduanya menjalani kehidupan yang berbeda. Jika orang yang pertama menempa dirinya dengan kharakter yang baik yang dilakukan terus-menerus dan konsisten. Sementara orang yang kedua hanya menjalani hidupnya dengan biasa-biasa saja. Maka sekian tahun kemudian ketika mereka berdua bertemu, dan kebetulan keduanya bekerja di perusahaan yang sama, maka kita akan mendapati kehidupan dua orang yang akan sangat berbeda. Orang yang pertama mungkin kita lihat sebagai orang yang sukses dalam berkarir, hidup di masyarakat, hidup di keluarga, dan nampak bahagia dalam sehari-harinya. Dan sementara orang yang kedua mungkin masih struggle dengan kehidupannya.

Betapa pentingnya kharakter yang baik. Dan betapa pentingnya pengembangan diri itu. Pelajaran buat para orang tua, didiklah anak-anak kita sejak sedini mungkin. Dan buat kita-kita yang sudah merasa tua, tidak ada kata berhenti belajar dan mengembangkan diri.

Berikan waktu yang cukup panjang untuk membuktikan dampak besar dari keajaiban pertumbuhan. Pelajaran lainnya yang bisa kita dapatkan adalah:

  • Lakukan perubahan/perbaikan itu secara konsisten dan terus-menerus.
  • Bersabarlah dengan hasil yang kecil/sedikit dalam jangka pendek. Tunggulah sampai waktu menggandakan yang kecil itu menjadi besar.
  • Jangan sia-siakan yang tampak kecil. Dan jangan tumpuk hal-hal yang negatif dalam hidup kita, karena dalam jangka panjang akan menjadi sangat destruktif.
  • Ayuks kita berubah. Dimulai dari langkah pertama. Dimulai dari hal yang sangat kecil sekalipun.

 

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

Tinggalkan Balasan