Belajar Saham Online – Daftar Website Terbaik

Belajar saham online

Belajar saham online itu mudah, cukup dengan rajin membaca tulisan-tulisan seputar saham yang ada di website internet secara gratis. Di sini saya akan memberikan daftar website berbahasa Indonesia yang membahas saham dari sisi investasi jangka panjang, bukan trading jangka pendek. Pemilihan didasarkan pada isi website yang lebih mengutamakan pemilihan saham berdasarkan analisa fundamental perusahaan.

1. InvestorSadar.com

Ini bukanlah yang terbaik, tapi saya akan menempatkan di urutan paling atas karena subyektifitas saya sebagai penulis. Tulisan-tulisan yang tersebar di blog ini dibuat sistematikanya (semacam daftar isi) sehingga memudahkan pembaca untuk belajar saham secara terstruktur.

2. Yuk Nabung Saham (YNS)

YNS adalah kampanye dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi di pasar modal dengan cara membeli saham secara rutin. Jadi istilah menabung di sini adalah membeli secara rutin dan berkala, misalnya bulanan.

Dibahas cara untuk memulai investasi dengan cara membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Juga daftar sekuritas yang bekerja sama dengan kampanye Yuk Nabung Saham.

Juga dibahas sekilas tentang dasar-dasar saham, potensi keuntungan saham (Capital Gain, Dividen), resiko saham (capital loss, resiko likuidasi), rekomendasi saham pilihan, dan juga cara jual dan belinya.
Untuk penyemangat, dibahas juga inspirasi investasi dari beberapa tokoh seperti Peter Lynch, Lo Kheng Hong, Jack Ma, Bob Sadino, dan lain-lain.

3. Kumpulan Tulisan Joeliardi Sunendar di Stockbit.com

Untuk bisa membacanya, anda harus login ke stockbit.com. Jika belum punya user account, bisa register secara gratis. Beliau adalah seorang pelaku investasi yang sudah sangat berpengalaman. Tulisan-tulisannya sangat jelas dan detail. Mengaplikasikan metode investasinya Warrent Buffet dan Peter Lynch, dan yang istimewanya banyak mengulas saham-saham di bursa Indonesia.

Selain itu, Joelardi juga menulis artikel-artikel bagus di sebsite dia sendiri, sahamku.co.id. Anda harus register dan login dulu untuk bisa membacanya.

4. Kumpulan Tulisan Lukas Setia Atmaja

Pak Lukas adalah dosen favorit saya di Universitas Prasetiya Mulya. Aktif menulis di website kontan.co.id. Link di atas adalah daftar tulisan yang saya filter dari Google.

Beliau menulis dua buku mengenai investasi saham, yaitu Who wants to be an irrational investor: portofolio artikel investasi saham di Harian Kontan, dan Who Wants To Be A Smiling Investor: Cara Termudah Belajar Investasi Saham.

5. Blog para praktisi yang senang berbagi pengetahuan

Silahkan tambahkan di komentar di bawah ini jika anda mempunyai rekomendasi website/situs yang bagus untuk belajar saham.

5 tanggapan pada “Belajar Saham Online – Daftar Website Terbaik”

Tinggalkan Balasan