Cara Investasi Saham – Membuka Rekening/Membuat Account Saham

Membuka rekening saham

Investasi di saham itu sangat mudah sekali. Bagaimana memulainya? Yang penting kita tahu dulu tujuan investasi, peluang-peluangnya, resiko-resikonya, dan hal-hal mendasar seputar konsep investasi. Silahkan pelajari dasar-dasar dan panduan investasi saham di link ini. Selanjutnya, segera mulai, jangan tunggu-tunggu, bukalah rekening saham di perusahaan sekuritas yang ada.

Syarat untuk bisa Membuat Rekening Saham

Syarat pertama anda harus berumur minimal 17 tahun karena wajib menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Syarat kedua, anda harus punya rekening tabungan di bank. Bisa bank mana saja seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), CIMB Niaga, Bank Tabungan Negara (BTN), Pan Indonesia (Panin), Danamon, Maybank, OCBC NISP, Permata, Bukopin, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Mega, dan lain-lain. Di jaman sekarang ini, saya yakin hampir semua pembaca di sini adalah pemilik rekening bank.

Cara Membuka Rekening Saham

Beriku ini petunjuk untuk mendaftar/membuka/membuat rekening saham di Perusahaan Sekuritas (broker). Pilih perusahaan Sekuritas yang paling anda percaya.

1. Persiapkan Dokumen yang diperlukan yaitu foto kopi KTP, NPWP (jika ada), buku tabungan, dan materei Rp 6000.

2. Silahkan langsung datang ke kantornya maupun cabang terdekat. Atau anda bisa menghubungi pihak sekuritas (biasanya adalah sales atau account manager) melalui email, telepon, ataupun contact yang ada di website masing-masing sekuritas tersebut; dan nanti akan ada perjanjian apakah anda harus datang ke kantor atau pihak sekuritas akan mendatangi anda. Pertimbangan apakah pihak sekuritas yang akan mendatangi calon customer, biasanya karena calon customer ini orang penting (VIP), atau  bisa juga karena ada banyak calon customer di tempat yang sama/dekat. Di bagian akhir tulisan ini saya cantumkan daftar sekuritas yang ada di Indonesia, beserta dengan link website-nya.

3. Isi formulir pendaftaran, formulir diberikan pas ketemu pihak sekuritas, atau kadang juga dikirim melalui email, atau bisa juga di-download dari website.

4. Penyerahan dokumen (formulir, foto copy KTP, NPWP, dan buku tabungan) ini bisa diserahkan langsung ketika menemui pihak sekuritas, atau dikirim melalui kurir.

5. Setelah semua beres dan dokumen diserahkan, anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari untuk proses pembuatan rekening saham.Di tahap ini, anda akan dibuatkan account/nomor rekening bank, yang disebut Rekening Dana Investor (RDI). Rekening ini berfungsi untuk menampung uang yang akan anda pakai untuk membeli saham, maupun menampung uang hasil menjual saham. Kalau rekening tabungan anda di BCA, maka rekening RDI juga akan pakai BCA.

Memulai Transaksi

setelah semua proses di sisi sekuritas selesai, anda akan diberitahu lewat email atau telepon. Anda diminta untuk mentransfer dana/uang ke rekening saham sebagai setoran awal (deposit) minimal. Caranya mudah, hanya dengan mentransfer uang dari rekening tabungan anda ke Rekening RDI. Bisa pakai internet banking, m-banking, ATM, maupun setor tunai. Karena rekening RDI ada di bank yang sama dengan rekening tabungan anda, maka tidak dikenakan biaya transfer. Seberapa besar setoran minimal, tergantung masing-masing sekuritas. Bahkan ada yang hanya perlu 1 juta rupiah saja.

Selanjutnya, anda bisa mulai investasi (membeli) saham. Jika anda ingin menambah pembelian saham sementara uang di rekening RDI tidak cukup, maka anda harus mentransfer dana lagi ke rekening RDI.

Bagaimana cara mengambil hasil investasi saham kita?

  1. Menjual saham. Uang hasil menjual saham akan ditampung di rekening RDI.
  2. Selanjutnya, tinggal mentransfer uang tersebut dari rekening RDI ke tabungan anda.
  3. Selanjutnya, tarik uang yang ada di tabungan anda. Nikmati hasil investasi anda 🙂
Jalan Sukses Investasi Saham
Jalan Sukses Investasi Saham

Perusahaan Sekuritas di Indonesia

Berikut ini adalah daftar Perusahaan Sekuritas tempat di mana kita membuka rekening saham. Lakukan riset kecil-kecilan sebelum memilih, dengan membuka website masing-masing perusahaan sekuritas ini, bisa juga dengan googling untuk mencari pendapat orang-orang tentangnya, ataupun cari rekomendasi dari kawan-kawan anda yang sudah berinvestasi saham.

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

8 tanggapan pada “Cara Investasi Saham – Membuka Rekening/Membuat Account Saham”

    1. Rekening RDI tidak ada biaya admin-nya. Bahkan mendapatkan bunga sebesar bunga tabungan. Nah, biaya untuk sekuritas adalah biaya ketika jual ataupun beli saham. Sebagai contoh, Bahana Securitas menetapkan biaya transaksi (baik jual maupun beli) sebesar 0,19%.

    1. Terserah kita. Apakah mau sekali saja, atau rutin, atau sekali-sekali. Kalau diniatkan untuk investasi, sebaiknya dilakukan secara rutin.

    1. Apakah anda masih memegang kewarganegaraan Indonesia? Kalau masih, caranya seperti biasa, menggunakan data KTP dan lain-lain seperti yang telah dibahas di atas.

Tinggalkan Balasan