Cara Investasi Saham – Membuka Rekening/Membuat Account Saham

Investasi di saham itu sangat mudah sekali. Bagaimana memulainya?

  1. Anda harus punya rekening tabungan di bank. Di jaman sekarang ini, saya yakin hampir semua pembaca di sini adalah pemilik rekening bank.
  2. Mendaftar/membuka rekening saham di Perusahaan Sekuritas (broker). Dokumen yang perlu disiapkan adalah foto kopi KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan. Pilih perusahaan Sekuritas yang paling anda percaya. Di tahap ini, anda akan dibuatkan account/nomor rekening bank, yang disebut Rekening Dana Investor (RDI). Rekening ini berfungsi untuk menampung uang yang akan anda pakai untuk membeli saham, maupun menampung uang hasil menjual saham. Kalau rekening tabungan anda di BCA, maka rekening RDI juga akan pakai BCA.
  3. Mentransfer dana/uang ke rekening saham. Caranya mudah, hanya dengan mentransfer uang dari rekening tabungan anda ke Rekening RDI. Bisa pakai internet banking, m-banking, ATM, maupun setor tunai. Karena rekening RDI ada di bank yang sama dengan rekening tabungan anda, maka tidak dikenakan biaya transfer.
  4. Mulai investasi (membeli) saham.

 

Bagaimana cara mengambil hasil investasi saham kita?

  1. Menjual saham. Uang hasil menjual saham akan ditampung di rekening RDI.
  2. Selanjutnya, tinggal mentransfer uang tersebut dari rekening RDI ke tabungan anda.
  3. Selanjutnya, tarik uang yang ada di tabungan anda. Nikmati hasil investasi anda 🙂

 

Berikut ini adalah daftar Perusahaan Sekuritas tempat di mana kita membuka rekening saham. Lakukan riset kecil-kecilan sebelum memilih, dengan membuka website masing-masing perusahaan sekuritas ini, bisa juga dengan googling untuk mencari pendapat orang-orang tentangnya, ataupun cari rekomendasi dari kawan-kawan anda yang sudah berinvestasi saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *