Kalkulator Investasi

Kalkulator investasi ini digunakan untuk menghitung hasil dari investasi apapun; misalnya reksadana, saham, property, emas, atau juga tabungan (deposito) di bank. Menggunakan rumus perhitungan CAGR yang telah dibahas di artikel Pertumbuhan Investasi.

Cara menggunakannya: silahkan isi 3 kotak yang tersedia, hasilnya akan dihitung secara otomatis dan ditampilkan di kotak keempat (kotak terakhir).

1. Menghitung Hasil investasi

Diketahui modal awal sekian, profit per tahun sekian %, dan jangka investasi selama sekian tahun. Contoh, Jika saya mempunyai uang 1 juta, saya investasikan ke saham dengan rata-rata profit 18% per tahun, berapakah nilai saham saya selama 10 tahun?

2. Menghitung Profit investasi (% per tahun)

Diketahui modal awal sekian, hasil akhir sekian, dan jangka investasi selama sekian tahun. Contoh, jika sekarang saya punya uang 1 juta, saya ingin 10 tahun lagi tumbuh menjadi 5 juta, berapakah rata-rata profit per tahun yang saya harapkan?

3. Menghitung Jangka waktu investasi (dalam tahun)

Diketahui modal awal sekian, hasil akhir sekian, dan profit per tahun sekian %. Contoh, jika uang saya yang 1 juta saya investasikan dengan rata-rata profit 18% per tahun, untuk tumbuh menjadi 5 juta dibutuhkan lama (periode) investasi berapa tahun?

4. Menghitung Modal yang diperlukan

Diketahui hasil akhir sekian, profit per tahun sekian %, dan jangka investasi selama sekian tahun. Contoh, jika kinerja investasi saya 18% per tahun, saya ingin di akhir tahun ke 10 nilai investasi menjadi 5 juta, berapakah modal awal saat ini yang diperlukan?

5. Menghitung Hasil investasi rutin berkala (Annuity)

Jika investasi dilakukan secara rutin berkala, dengan jumlah yang sama, pada jarak waktu yang sama, dan asumsi profit (CAGR) yang konsisten, maka itu disebut sebagai annuitas (annuity).

Contoh, Jika saya investasikan ke reksadana secara rutin per tahun 1 juta, dengan rata-rata profit 18% per tahun, maka berapakah nilai reksadana saya selama 10 tahun?

6. Menghitung besarnya investasi rutin berkala (Annuity)

Prinsipnya masih sama dengan no 5 di atas.

Contoh, jika saya ingin di akhir tahun ke 10 nilai investasi menjadi 25 juta, dengan kinerja investasi saya 18% per tahun, maka berapakah investasi rutin per tahun yang diperlukan?

Artikel-artikel di website ini yang mungkin bermanfaat buat anda:

2 tanggapan pada “Kalkulator Investasi”

  1. Sangat membantu sekali utk menghitung nilai investasi yg kita peroleh dalam beberapa tahun ke depan! Tapi utk awam mungkin perlu tahu sebelumnya darimana nilai profit % tahun dari tiap perusahaan

    1. Terima kasih Mas Alfons untuk feedback-nya. Untuk ekspektasi profit per tahun, memang perlu dilakukan riset. Patokan utamanya adalah, besarnya profit itu harus di atas inflasi agar NILAI hasil investasi kita tidak berkurang.

Tinggalkan Balasan