Menghitung Kekayaan dan Hasil Investasi Warren Buffett

Warren Buffett adalah Guru investor yang paling terkenal sepanjang masa. Ulasan-ulasan tentang beliau sudah ditulis di mana-mana. Hampir semua buku mengenai investasi, tidak ada yang tidak menyebut nama beliau. Artikel di Wikipedia tentang Warren Buffett cukup detail membahasnya.  Artikel mengenai Warren Buffett di Wikipedia yang versi bahasa Indonesia, isinya tidak sedetail Wikipedia versi bahasa Inggris. But its OK, banyak tulisan-tulisan website berbahasa Indonesia yang membahasanya, silahkan dicari di Google.

Warren Buffett tidak pernah menulis buku. Namun buku-buku yang menulis tentang Warren Buffett tidak terhitung jumlahnya. Sementara itu, kita bisa membaca pelajaran dan ilmu yang dibagikan secara langsung oleh Warren Buffett melalui surat-surat yang ditulis untuk para pemegang saham Berkshire Hathaway, silahkan baca di Bershire Hathaway Inc Shareholder Letters. Setiap tahun Warren Buffett membuat dan menulis surat yang dibacakannya di acara Rapat Umum Pemegang Saham Berkshire Hathaway. Isinya luar biasa. Bisa dibilang bahwa hampir semua buku mengenai Warren Buffett menjadikan isi surat-surat ini sebagai referensi utama.

Kinerja Investasi Warren Buffett

Secara umum kita bisa membagi perjalanan investasi Warren Buffett ke dalam dua periode. Periode pertama tahun 1957 sampai 1969, di mana Warren Buffett menjalankan Buffett Partnership. Di partnership ini Warren Buffett mengumpulkan dana dari para kerabatnya dan menginvestikannya ke saham-saham di bursa saham Amerika Serikat. Berapa return (hasil) pengembangan investasinya? Fantastis. Selama periode 12 tahun itu kinerja investasi Buffett Partnership adalah rata-rata (CAGR) 29,5%. Sebagai perbandingan, kinerja Dow Jones Industrial Average (DJIA) index di periode yang sama adalah 7,4%.

Periode kedua adalah setelah Warren Buffett membubarkan Buffett Partnership dan memfocuskan kendaraan investasinya melalui Bershire Hathaway, jadi kita bisa menyebutnya periode 1969 sampai sekarang. Berapa hasil (return) kinerja investasinya? Fantastis. Dari Laporan Tahunan (Annual Report) Bershire Hathaway tahun 2017, disebutkan bahwa sejak tahun 1965 sampai 2017 kinerja Market Value Berkshire Hathaway  adalah rata-rata (CAGR) 20,9%. Sebagai perbandingan, kinerja S&P 500 index with Dividends di periode yang sama adalah 9,9%.

Sebagai perbandingan lagi, rata-rata hasil kinerja investasi di saham-saham Indonesia adalah 18%, ini sudah termasuk dividen.

Menghitung Kekayaan Warren Buffet

Menurut Forbes 30 Mei 2018, harta kekayaan Warrent Buffet adalah USD 84 Milyar, menduduki posisi nomer 3 orang terkaya di dunia setelah Jeff Bezos (Amazon) dan Bill Gates (Microsoft). Dengan Kurs 1 USD sama dengan 13.889 rupiah, maka itu setara dengan 1.167 trilyun rupiah. Sekarang mari kita berandai-andai, jika ingin mempunyai kekayaan sebesar Warren Buffet sekarang, berapa uang yang harus kita investasikan?

  • Periode 1. 12 tahun (1957 – 1969) CAGR 29,5% maka nilai investasi menjadi 22,2 kali lipat.
  • Periode 2. 48 tahun (1969 – 2017 CAGR 20,9% maka nilai investasi menjadi 9.046,1 kali lipat.
  • Total selama 60 tahun, nilai investasi menjadi 22,2 x 9.046,1 sama dengan 200.823,4 kali lipat.

Catatan: Gunakan tabel (rumus) di file tabel CAGR.xlsx ini untuk menghitung nilai investasi dengan return sekian persen selama sekian tahun.

Jika kita tarik mundur kebelakang, dengan hasil 1.167 trilyun rupiah rupiah sekarang ini, maka nilai investasi awal di 60 tahun yang lalu (tahun 1957) adalah:
= 1.167 trilyun rupiah / 200.823,4
= 5,8 milyar rupiah
= 418,278 USD

Apakah 5,8 milyar rupiah itu modal awal yang kecil? Jawabannya tentu saja relatif ya. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah:

  • Kita jadi tahu, betapa besar hasil investasi jika dilakukan dalam jangka panjang.
  • Kinerja hasil investasi Warren Buffet dengan CAGR 29,5% selama 12 tahun dan 20,9% selama 48 tahun itu sudah dibilang fantastis. Misalkan sekarang ada orang yang menawari kita sebuah investasi yang hasilnya 5% perbulan (di mana itu adalah 60% per tahun) apakah itu masuk akal? Silahkan anda pikirkan sendiri 🙂

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

Tinggalkan Balasan