Panca Budi Idaman (PBID) – Market Leader Industri Plastik yang Terus Tumbuh

PBID - Logo
Grup Panca Budi Idaman didirikan oleh Djonny Taslim pada tahun 1979 dan mengawali karirnya sebagai pedagang umum yang mendistribusi produk jadi kantongan plastik berbahan baku PP (Polypropylene), PE (Polyethylene), dan HDPE (High Density PE). Go public pada 4 Desember 2017 dengan kode saham PBID.

Pemegang saham PT Alphen Internasional Corporindo 74.67%, Djonny Taslim 8.44%, Vicky Taslim 1.55%, Robby Taslim 1.55%, dan masyarakat 13.79%. PT Alphen ini juga dimiliki oleh keluarga Taslim. Seperti kebanyakan perusahaan besar di Indonesia, dimiliki dan dikendalikan oleh keluarga pendiri perusahaan.

Segment produknya meliputi:

  • Kantong plastic (plastic packaging). Kontribusi penjualan 60,4%. Produk meliputi PE, PP, HDPE.
  • Bijih plastic (plastic resin). Kontribusi penjualan 37,2%. Produk meliputi PE, PP, HDPE.
  • Lain-lain (plastic and related products). Kontribusi penjualan 2,4%. Produk meliputi plastic ropes, drinking straws, rubber thread, rubber bands, food wrapping paper, woven bag, recycled resin

Keunggulan Daya Saing (Competitive Advantage)

Posisi nomer 1 di industri plastic packaging

  • Market share leader di Jakarta. Ke depannya akan mengembangkan pasar Indonesia Timur.
  • Strong brand equity untuk merek Tomat (PE) Wayang (PP).
  • Price Leader. Menjual lebih mahal daripada competitor untuk produk-produk premium. Menjual rata-rata harga yang sama dengan competitor lain. Menjual dengan discount untuk produk yang tidak unggul.

Potensi Pertumbuhan industri plastic packaging

  • Konsisten pertumbuhan GDP, inflasi rendah, pertumbuhan penduduk, urbanisasi, permintaan domestic yang naik; menjadi tenaga pendorong pertumbuhan bisnis perusahaan ini.
  • Konsumsi plastic per kapita di ASEAN paling rendah
  • Plastik PP dan PE digunakan dalam hidup sehari-ahri untuk bungkus makanan dan minuman oleh masyarakat menengah bawah khususnya pasar tradisional
  • Plastik PE dan PP relatif murah dibandingkan pembungkus alternative ramah lingkungan (“eco-bags”).
  • Industry plastic termasuk industry yang tumbuh, dengan tenaga pendorong dari food & beferage, infrastructure, automotive.

Excellent supply chain management

  • Satu-satunya perusahaan plastic consumer yang terintegrasi di Indonesia (manufacturing, trading, distribution on finishing goods)
  • Loyal Customer lebih 100 ribu pedagang tradisional, dan juga customer besar seperti Carrefour, Indomaret, Chevron, Lotte, dan Chandra Asri.
  • Kapasitas produksi penuh karena tinggunya demand. Didukung dengan teknologi modern, dan zero waste operation

Analisa Fundamental Panca Budi

Data-data meliputi Aset, Liabilitas, Ekuitas, Penjualan, Beban Pokok Penjualan, Laba Kotor, Laba Usaha, Laba Bersih, ROE, Net Margin, Asset Turnover, dan Financial Leverage.

PBID - Kinerja Perusahaan berdasarkan Laporan Keuangan
Tabel 1. PBID – Kinerja Perusahaan berdasarkan Laporan Keuangan

Mari kita lihat ROE yang 18%, lumayan atraktif untuk sektor Manufaktur Industri Dasar dan Kimia – Plastik dan Kemasan. Perusahaan sangat sehat dengan komposisi hutang yang relatif kecil. Uang kas yang besar sebagai hasil IPO Desember 2017 lalu siap digunakan untuk ekspansi pembangunan pabrik baru.

Kinerja Harga Saham

PBID - Grafik Harga Saham
Grafik 2. PBID – Grafik Harga Saham

Per 28 Mei 2018 harga sahamnya 960, naik 13% sejak IPO pada Desember 2017 dengan harga 850. Yang menarik, biasanya saham-saham yang baru saja IPO itu akan turun harganya setelah sekitar dua atau tiga bulan, namun harga saham PBID ini kokoh dan bahkan naik.

Valuasi Harga Saham PBID

Dengan PER (annualized) 5.76 dan PBV 1.31, menjadikan harga saham PBID ini sangat menarik. Dan memang kalau dibandingkan dengan PER dan PBV sektor dan industri sejenis, nilainya termasuk kecil.

Dengan kinerja bisnisnya yang menguntungkan, sebagai market leader, dan potensi pertumbuhan yang bagus, menjadikan saham PBID ini layak untuk investasi. Karakteristik dan potensinya sangat mirip dengan saham EKAD yang saat ini sudah menjadi bagian portfolio InvestorSadar. Juga sama-sama mendapatkan momentum opportunity dari tren eCommerce yang mendorong permintaan bahan packaging (plastik, lakban, kertas) meningkat tinggi.

Sebagai referensi, artikel-artikel berikut ini berisi penjelasan tentang istilah-istilah, dasar-dasar analisa laporan keuangan, dan metode valuasi saham:

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

Tinggalkan Balasan