Daftar Tulisan

Jalan Sukses Investasi Saham
Jalan Sukses Investasi Saham

Berikut ini daftar tulisan-tulisan di website ini. Sengaja saya susun agar lebih terstruktur jadi peta belajar saham, sehingga membantu pembaca untuk menelusuri alurnya. Untuk menjadi investor yang sukses, belajar saham itu wajib dilakuan terus-menerus. Tidak ada cara yang cepat. Bahkan investor yang sudah sangat berpengalaman pun masih tetap belajar. Setidaknya ada hal yang kita dapatkan dari belajar, pertama adalah mengetahui hal-hal yang baru, kedua adalah mengingatkan hal-hal yang kita sudah lupa, dan yang ketiga adalah meningkatkan semangat walaupun kita sudah tahu sebelumnya.

Konsep Dasar Investasi

Pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh investor. Materi yang mudah, namun sangat bermanfaat. Bahkan yang sudah berpengalamanpun tidak akan sia-sia membacanya lagi.

Dasar Investasi Saham

Menghitung Hasil Investasi

Keputusan investasi harus dilakukan dengan sangat cermat dan bijaksana. Asumsi-asumi keuntungan dan resiko harus dihitung sedetail mungkin. Dan maksimalkan investasi di bidang yang memberikan lebih besar keuntungan dengan resiko yang lebih kecil.

Cara Mulai Investasi Saham

Setelah punya pemahaman dasar, mulailah langkah pertama. Semua kesuksesan besar selalu dimulai dengan langkah pertama yang sangat sederhana. Buka rekening investasi anda. Bisa melalui reksadana, ataupun membuka rekening saham langsung.

Membaca Peluang dan Industri

Membangun Pola Pikir, Sikap Mental, dan Kharakter Investor Sadar

Melakukan Analisa Fundamental Perusahaan

Kita wajib melakukan analisa. Paling tidak, kita harus tahu apakah perusahaan yang sahamnya akan kita beli ini merupakan perusahaan yang menguntungkan atau tidak.

Metode Valuasi Saham

Minimal gunakan cara yang paling mudah dan paling sering digunakan, yaitu metode PER. Dan lebih baik lagi kita mengetahui seberapa besar kemampuan perusahaan dalam mengumpulkan uang (cash flow) dengan melakukan valuasi Discounted Cash Flow.

Analisa Fundamental dan Valuasi Saham Pilihan

Berikut ini beberapa  analisa fundamental dan valuasi (penghitungan harga wajar) saham sehingga mengantarkan kepada keputusan apakah saham itu layak dibeli apa tidak.