Sumber-sumber Data untuk Analisa Fundamental Saham

Berikut ini tujuh sumber data yang bisa dipakai untuk analisa, yaitu website perusahaan, website bursa efek Indonesia, Morningstar, Investing.com, Stockbit, Yahoo Finance, dan Bloomberg. Silahkan di-explore semuanya, yang mana yang paling cocok buat anda.

Dari ketujuh sumber tersebut, saya paling sering memakai Stockbit dengan feature berbayar, karena saya perlu data historical yang lebih panjang dan tinggal ngambil saja. Kalau ngumpulin satu-satu, perlu effort dan waktu yang lebih.

1. Website Perusahaan

Semua perusahaan yang listing di BEI diwajibkan untuk mempunyai website perusahaan dan mem-publish laporan keuangan perusahaan di website tersebut.Contoh: Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ)

2. Website Bursa Efek Indonesia

Memuat semua laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan tbk.

3. Website Morningstar

4. Website Investing

  • Buka www.investing.com
  • Search kode saham atau nama perusahaan
  • Klik link Financials
  • Pilih: Summary, Income Statetement, Balance Sheet, Cash flow, Ratios, Dividends, Earning
  • Pilih periode: Annual, Quarterly

  • Contoh: Income statetemnt Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ)

5. Stockbit

  • Buka https://stockbit.com/#/symbol/ULTJ
    Masukkan kode saham di empat huruf terakhir. Akan diminta login, atau register bila belum punya user. Account jenis free akan bisa melihat diskusi di seputar saham tersebut.
  • Untuk bisa melihat fitur financialnya, perlu account berbayar. Data historical-nya lebih banyak (lama). Contoh ULTJ ini data historical-nya sampai 9 tahun ke belakang sejak tahun 2008.

6. Yahoo Finance

7. Bloomberg

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

2 tanggapan pada “Sumber-sumber Data untuk Analisa Fundamental Saham”

  1. Artikel yang menjelaskan dengan baik..saya biasanya menggunakan fitur stockbit atau melalui epaper kontan untuk data..tapi tetap kita harus crosscheck lagi apabila ada data yang ternyata belum terupdate

    1. Setuju Pak, kita perlu melakukan crosscheck. Salah satunya, kadang ada laporan periode lalu yang dikoreksi atau disajikan kembali.

Tinggalkan Balasan