Tanya Jawab Investasi Saham

Tanya Jawab Investasi Saham

Silahkan bertanya apa saja berkaitan dengan investasi saham. Tulis pertanyaan anda di kolom komentar posting di bawah ini. Pertanyaan juga bisa anda dituliskan di kolom komentar tiap-tiap artikel. Saya akan berusaha menjawab sebisa dan semampu saya. Saran dan masukan juga akan saya terima dengan sangat senang hati. Mari kita masyarakatkan budaya saling berbagi.

Berikut ini pertanyaan tentang saham, investasi, dan pasar modal yang paling umum:

A. Pertanyaan tentang investasi

Apa itu investasi?

Investasi adalah menempatkan sejumlah dana atau aset, dengan harapan agar dana/aset tersebut akan tumbuh (berkembang) seiring dengan bertambahnya waktu. Dari semua pembahasan tentang investasi, tema sentralnya adalah pertumbuhan dalam waktu. Silahkan baca artikel Pertumbuhan Investasi bagai Tabungan dengan Bunga Berbunga

Kita bisa mengambil pelajaran dari investasi untuk menerapkannya di bidang kehidupan yang lain, misalkan dalam pengembangan diri. Jika kita meniatkan diri kita untuk berubah menjadi lebih baik, walau sedikit demi sedikit, maka seiring dengan berjalannya waktu nanti kita akan menjadi orang yang jauh lebih baik dari saat ini. Silahkan baca artikel Belajar Kebijaksanaan Hidup dari Investasi – Keajaiban Pertumbuhan dan Perubahan

Apa tujuan investasi?

Tujuan utama investasi adalah menumbuhkan (mengembangkan) nilai aset. Jika kita punya banyak uang, hanya disimpan saja tanpa ada pertumbuhan, maka kita rugi karena nilai uang semakin lama semakin turun karena faktor inflasi. Jika uang kita simpan di bank dan mendapatkan bunga (misalnya 6% per tahun), namun jika inflasi per tahun 7%, maka nilai uang kita secara total akan turun karena inflasi lebih besar dari pertumbuhan. Jadi investasi disebut berhasil jika paling tidak pertumbuhannya di atas inflasi. Silahkan baca lebih lanjut artikel tentang Bahaya Inflasi

Selanjutnya, untuk apa menumbuhkan nilai aset? Tentu saja untuk mengamankan masa depan, agar semua kebutuhan dan keinginan kita di masa depan aman dan tercukupi. Jika kebutuhan sendiri tercukupi, maka selanjutnya kita bisa membantu orang lain, ini disebut juga sebagai aktualisasi diri. Dan jika kita sangat senang melakukan investasi, maka itu sama saja dengan menjalankan dan menikmati hobby. Silahkan dibaca lebih lanjut di artikel Tujuan Investasi.

Apa saja cara berinvestasi?

Bisa dengan menyimpan uang di bank yang mendapatkan bunga (tabungan atau deposito). Bisa dengan membeli rumah (property) atau tanah, yang harganya terus naik dari waktu ke waktu. Bisa dengan membeli emas dan menyimpannya. Membeli saham, obligasi, atau reksa dana. Silahkan baca artikel Macam-macam bentuk investasi dan keuntungannya

Apa investasi dengan hasil terbaik?

Pilihlah yang cocok dengan dengan bidang yang kita kuasai. Jika mengerti tentang property dan potensi lokasi-lokasi yang strategis, bisa investasi di property dan tanah. Saya sendiri sangat menyukai analisa bisnis, jadi sangat cocok dengan investasi saham. Intinya adalah, di bidang apapun, selama kita menguasai dan menyukainya, maka peluang investasi akan memberikan hasil yang terbaik.

Bagaimana cara menghitung hasil investasi?

Paling tidak, yang pertama harus dipahami adalah

  • Adanya modal awal, sejumlah nilai yang akan diinvestasikan.
  • Asumsi profit per tahun
  • Jangka waktu (periode) investasi.

Gunakan Kalkulator Investasi untuk menghitung estimasi hasil investasinya. Kalkulator ini juga bisa menghitung jika investasi dilakukan secara rutin sebagaimana menabung.

B. Pertanyaan tentang saham

Apa itu saham?

Saham adalah bagian kepemilikan modal di suatu perusahaan. Memiliki saham walau hanya selembar saja, itu artinya memiliki bagian dari perusahaan tersebut. Keuntungan bagi pemegang saham adalah Capital gain (naiknya harga saham) dan dividen.

Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market). Tipe (jenis) saham: saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).

Ditinjau dari kinerja perdagangan: Blue Chip stocks, Income stocks, Growth stocks, Speculative stocks, Cyclical stocks, Emerging Growth Stocks, Defensive Stocks.

Kalau mau baca yang lebih detail, di wikipedia dijelaskan secara lebih lengkap.

Apa itu saham preferen?

Saham preferen (preferred stock) adalah saham yang memiliki kelebihan keutamaan (hak) dibandingkan saham biasa, yaitu hak dalam pembagian dividen dan hak dalam pembagian aset hasil likuidasi. Silahkan baca lebih detail di artikel Saham Preferen.

Berapa potensi keuntungan saham?

Di bursa saham Indonesia (Indonesia Stock Exchange), rata-rata kenaikan harga saham adalah 16% per tahun. Ditambah rata-rata dividen yield 2%, memberikan total return 18% per tahun.

Apa saja resiko investasi saham?

Resiko merupakan kebalikan lagi potensi keuntungan. Yaitu harga saham tidak naik atau malah turun, dan tidak mendapatkan dividen. Bisa juga dilihat dari sisi resiko kinerja perusahaan dan dari sisi resiko market. Harga saham di market itu tidak stabil, bahkan harga saham bisa turun meskipun kinerja perusahaan bagus; ini adalah resiko market. Namun dalam jangka panjang, resiko market ini mengecil karena harga saham akan mengikuti kinerja perusahaan. Silahkan baca lagi artikel konsep investasi saham.

Bagaimana cara belajar investasi saham?

Cara pertama, beli dan baca bukunya. Di toko-toko buku seperti Gramedia, ada banyak kok, biasanya dirak-rak buku yang diberi label investasi atau bisnis. Saya sudah merangkum buku-buka yang sangat direkomendasikan. Selain membaca buku, kita bisa membaca dari internet. Cuma membaca dari internet kadang bingung karena terlalu banyaknya tulisan. Oleh karena itu saya merekomendasikan beberapa website yang sangat bagus untuk belajar saham.

Artikel-artikel di website ini saya buatkan daftarnya sehingga menjadi lebih terstruktur. Silahkan baca ringkasannya di Cara Belajar Saham

Bagaimana cara memulai investasi saham?

Pertama, buka rekening saham. Pilih perusahaan sekuritas. Kemudian pilih saham-saham dari perusahaan yang bagus. Dan kemudian beli sahamnya.

Berapa minimal dana untuk memulai investasi saham ?

Tiap-tiap perusahaan sekuritas menentukan batas setoran minimal yang berbeda-beda. Ada beberapa sekuritas yang bisa menerima setoran awal 1 juta rupiah.

Apa bedanya investasi saham dan main saham?

Walaupun wujudnya sama-sama membeli saham, investasi dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang karena kinerja perusahaannya yang bagus. Kalau main saham, itu dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek dari fluktuasi harga saham yang sangat sering bukan karena kinerja perusahaan tapi lebih karena emosi orang-orang yang ada di market.

C. Pertanyaan tentang pasar modal

Apa itu pasar modal?

Pasar modal adalah tempat diperjual-belikannya instrument keuangan jangka panjang seperti saham, obligasi (surat utang), reksadana, dan produk derivatif lainnya (option, futures, dll). Silahkan baca lebih detail di artikel Pasar Modal Indonesia di website ini.

Apa itu obligasi?

Obligasi merupakan surat pernyataan utang yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar bunga secara periodik dan mengembalikan pokoknya pada jatuh tempo. Lebih jelasnya dilah baca artikel tentang Obligasi di website ini.

Lembaga apa saja yang terkait dengan pasar modal Indonesia?

  • OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  • BEI (Bursa Efek Indonesia)
  • KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia)
  • KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
  • Perusahaan Efek (Penjamin emisi, broker, Manajer Investasi)
  • Lembaga Penunjang (Bank Kustodian, Pemeringkat efek, dll)
  • Profesi penunjang (Akuntan, Notaris, dll)
  • Investor
  • Perusahaan public
Struktur Pasar Modal Indonesia
Struktur Pasar Modal Indonesia

Silahkan Baca: Daftar Tulisan Lengkap

16 tanggapan pada “Tanya Jawab Investasi Saham”

  1. Selamat pagi min, saya baru belajar saham. Apakah penting bisa membaca laporan keuangan untuk analisa fundamental? saya masih sangat bingung membaca laporan keuangan walaupun sudah membaca artikel tentang dasar-dasar laporan keuangan. Mohon saran nya,

    Terima kasih.

    1. Selamat pagi juga. Membaca laporan keuangan adalah wajib buat investor. Jika sekarang masih merasa kesulitan, tidak apa-apa kok. Itu wajar. Bagian dari perjalanan. Nanti seiring dengan waktu, lama-lama akan terasa mudah. Memang dibutuhkan kesabaran. Kesabaran dalam belajar, kesabaran dalam melakukan analisa, kesabaran menunggu kesempatan yang tepat, dan kesabaran dalam menunggu hasil investasi dalam jangka panjang. Kesabaran adalah karakter yang harus dilatih dan dikuasai oleh investor.

      Membaca laporan keuangan, dimulai dari yang sederhana dulu.
      – Berapa ROE?
      – Berapa Margin?
      – Berapa pertumbuhan laba per tahun?
      – Dst

      Juga jangan lupa ya, analisa laporan keuangan adalah salah satu analisa, karena ada analisa lain yang perlu dilakukan. SIlahkan baca http://investorsadar.com/cara-melakukan-analisa-saham-dan-contohnya/

      Tetap semangat terus ya.

    2. Min mau tanya,saya sudah registrasi di sekuritas indopremier (ipotgo) semua sudah ok rdn,ksei dll.
      kalo kita mau beli saham itu sekali bayar atau berkala setiap bulan ?

  2. Ada gak sih investasi saham dengan cara bagi hasil min? Berapa % perbulan atau pertahunnya,, saya sudah mempunyai dana nya

    1. Saat ini InvestorSadar belum mengelola dana pihak ketiga, jadi belum bisa menawarkan diri untuk mengelola dana anda. Buat anda yang tertarik dengan investasi saham tapi belum mau menjalankan sendiri, anda bisa melakukannya lewat reksadana, lebih khusus lagi reksadana saham. Anda bisa melihat di Infovesta.com untuk melihat pilihan-pilihan reksadana saham yang ada, dan juga membandingkan history kinerja mereka untuk menilai yang terbaik menurut anda.

  3. Assalamu’alaikum pak, saya kemaren bertanya tentang MOS di stockbit, dan sdah bapak jawab, tinggal pertanyaan bagaimana cara mencari expected harga sahamnya pak.
    Saya coba muter2 di blog bapak juga belum ketemu, terimakasih pak 😀

  4. Selamat sore.
    Saya seorang investor pemula yang dulu nya sempat menjadi trader. Namun saya memutuskan untuk menjadi full investor setelah saya sadar bahwa sebenarnya keuntungan menjadi investor lebih banyak.
    Nah untuk menjadi investor sangat penting bagi saya untuk mempelajari analisa fundamental. Blog ini telah membantu saya menambah ilmu fundamental saya. Walaupun ilmu yang saya miliki sangat kurang dari cukup tapi apa yang bapak bagikan di blog ini sudah menambah kepercayaan diri saya.
    Saya harap bapak tidak berhenti berbagi. Terima Kasih

    NB: ADMG sudah menjadi salah satu saham pilihan saya. Tapi jujur saya sudah membaca sendiri laporan keuangan nya dan membandingkannya dengan tulisan bapak. Cara belajar yan jauh lebih menyenangkan dari sekedar membaca buku.

  5. Selamat pagi Pak Rohmad,
    Saya sedang belajar analisa fundamental. Blog ini sangat bermanfaat.
    Saya ingin bertanya:
    1. Apakah ada website atau sumber data yang menyediakan seluruh data laporan keuangan untuk seluruh saham di JKSE, currrent data dan history, termasuk ratio-ratio yang telah dihitung? APakah stockbit menyediakan ini dan berapa biaya subscription-nya?
    2. Apakah investorsadar menyediakan semacam pelatihan ataupun langganan berbayar dimana pengunjung bisa bertanya apa saja dan kapan saja via email tentang analisa fundamental saham?

    – Terima kasih –

  6. Minta tolong pak bahas jagu tetan money managemen di portofolionya jg pak…
    Berapa banyak sebaiknyaa saham yg bisa di masukin dlm portofolio

  7. Permisi min, saya mau tanya. Jadi saya tuh sedikit kebingungan min. Saya membaca beberapa financial statement beberapa perusahan disana selalu terdapat earnings dan dividend, namun dividendnya tidak persaham melainkan totalnya. Dan beberapa bahkan dividend tercantum 0, sehingga seluruh earnings nya diinvestasikan lagi ke equity. Pertanyaan saya, pertama, jika perusahaan itu tidak mencantumkan dividend, apa impal balik kepada investor yg menjadikan saham itu menarik? Kedua, jika kasusnya seperti itu, tidakkah menjadikan obligasi negara lbh menarik?

    1. Yang menjadikan saham itu menarik adalah kinerja bisnisnya. Jika ROE bagus dan konsisten, walaupun tidak memberikan dividen, buat saya tetap bagus. Jika investor tidak mendapatkan dividen, maka apresiasi buat investor adalah didapatkan dari kenaikan harga sahamnya. Jika dalam jangka panjang kenaikan harga saham lebih besar daripada bunga obligasi, maka saham tersebut secara umum adalah menarik.

  8. Malam Mas Rohmad,
    saya sangat ter-cerahkan dengan web investor sadar, bisakah ada sesi kumpul atau diskusi tentang membaca lapaoran keuangan dan diskusi saham fundamental, untuk lebih menambah wawasan kami sebagai pemula
    saya akan sangat tertarik untuk join

    Thanks and Brgds,
    Manto

  9. Assalam Mualaikum. Saya punya saham BNI atas nama Rasid Edi Djatmiko sebanyak 2 lot .saham dan ini tertukar dengan sumber BNI an Morgan Guarantee sebanyak 2 lot yg saya pegang dan shm BNI an saya tidak diketahui dimana rimbanya.Bagaimana menyelesaikannya?

  10. Orang tua saya mempunyai Saham tahun dikeluarkan tahun 1993 PT. Abdi Bangsa dgn Modal Dasar Perseroan 10 Milyar, dengan nilai 10 juta saham masing2 dgn nilai Nominal 1000, pertanyaanya bagaimana proses kita mengetahui keuntungan yang kita peroleh dan cara mendapatkannya….
    #Masyarakata awam saham

    1. @Hendarto, apakah saham yang dimaksud ini berbentuk lembaran kertas? Dari yang saya baca, PT. Abdi Bangsa (kode saham ABBA) go public tahun 2001. Saya sendiri tidak berpengalaman dengan memiliki saham perusahaan sebelum go public. Saran saya, sebaiknya anda menghubungi pihak perusahaan melalui Corporate Secretary corsec@mahakamedia.com.

Tinggalkan Balasan